Follow us on Twitter
alatbengkel.com - Toko Online Peralatan Teknik Menjual Alat Bengkel Otomotif
Product Scroller
Testimonial
Wahyu Triono
Barangnya udah nyampe sesuai pesanan. Packing-nya mantap dan rapi. Terima kasih alatbengkel.com

Yatono
[URL]
Cepat sekali prosesnya, senin pesan n selasa siang sdh terima barang sesuai dgn pesanan.

NIZARUL AMRI
mantap x belanja dibengkel.com.urusan kita dibikin mudah. Tq (08521102XXXX)

Budi C Dirgantara
Tinggal pesan, transfer, dan tunggu! Gak perlu repot!! Saya puas belanja disini, trimakasih alatbengkel.com

» isi testimonial
» lihat testimonial
News

Karbu Standar Pilihan, Dilacak Mekanik Korek Harian

8 Desember 2011

Karbu Standar Pilihan, Dilacak Mekanik Korek Harian


Karbu Shogun 125SP lebih tebal. Enak direamer(kiri). Venturi bisa direamer besar(kanan)
Karburator venturi besar, jadi primadona penikmat adu kebut. Apalagi kalau kapasitas silinder dan durasi kem sudah didongkrak. Ganti atau atau modifikasi karbu jadi solusi paling tepat.

Namun sampai saat ini masih didominasi karbu racing berkelas. Harganya pun cukup mahal, lantaran di dalamnya didukung fitur-fitur canggih. Sehinga agak merepotkan pemilik motor berdana minim.

Namun bukan berarti karburator yang dipakai di motor standar enggak bisa diaplikasi. Walau enggak semua, tapi ada beberapa yang bisa dan banyak dipakai para tunner.

“Untuk motor bebek korek harian, karburator paling diburu punya Suzuki Shogun 125SP. Mereknya Mikuni VM18SH dengan kode 20G. Atau punya New Smash 110 kode 09H. Sama-sama Mikuni VM18SH. Selain itu ada juga Karburator Karisma, meskipun tidak semua menyukainya,” ujar Alif Bowo Sarwono, pemilik bengkel bubut Adhi Jaya Tech di Jl. Tole Iskandar Raya, Depok.

Lanjut Alif, kelebihan karburator Shogun 125SP atau New Smash 110, karena memiliki venturi lebih besar juga tebal dagingnya. Itupun jika dibandingkan dengan kepunyaan motor lain, tetap lebih menguntungkan. Misalnya dengan karbu Yamaha Jupiter-Z yang pakai Mikuni VM17SH, diameter venturinya lebih kecil 1 mm.

Makanya kalau mau direamer, kata Alif, karbu Shogun 125SP bisa sampai 22 mm ke atas dan ke samping 19 mm dari 15 mm. Bahkan kalau mau bore up piston skepnya, tanpa ganti bodi (alias bodi asli) bisa sampai diameter 20 mm dari aslinya. Cuma piston skep mesti bikin baru karena tidak ada gantinya.


Karbu Karisma masih terlalu mahal untuk jadi pilihan
“Tak hanya itu, karbu Shogun 125SP juga mudah didapat dibanding produk lainnya. Sehingga harganya relatif terjangkau buat semua kalangan. Apalagi jumlah lubang pada nozel di atas spuyer main-jet lebih banyak. Sehingga debit bahan bakar makin deras,” timpal Hari Novrian, mekanik Hari Motor di Pondok Kopi, Jakarta Timur.

Selain kedua karbu tadi, komponen pengkabut gas bakar yang asli Suzuki Axelo 125 juga bisa jadi pilihan. Kata Roby Krisbiyanto, mekanik Bontot Jaya Motor, karbu yang rumah cuknya sebelahan dengan lubang piston skep itu bisa direamer hingga ukuruan 25 mm dari 18 mm (asli). Pasalnya lubang dan piston skep Axelo 125 lebih panjang dari lainnya.

“Cuma biar bisa sampai ukuran segitu (25 mm), rumah cuk mesti dicustom. Sehingga kerja cuk piston yang berada di sebelah piston skep tidak bisa lagi difungsikan,” timpal mekanik yang buka bengkel di Jl. Amal No. 37, Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Karisma Dan TVS
Pemilik motor Honda tak perlu kecil hati. Karburator pilihan buat kohar bisa pakai pengkabut punya Honda Karisma. Memiliki diameter venturi asli 19 mm dan konstruksi yang bagus. Bisa direamer sampai ukuran 24 mm, lho.

“Lebih bagus dan bisa direamer tinggi karena semua lubang aliran ada di bawah. Cuma sayang, harga karbu masih mahal juga sulit didapat,” lanjut Alif. Dan selain karbu Karisma, dia juga pernah mereamer karbu motor bebek merek TVS meskipun enggak tahu tipenya. Tapi, ubahan yang dilakukan sama persis dengan Honda Karisma. (motorplus-online.com)



Baca juga
  » 4 Juni 2012
Redam Sambungan Jok Tembus Air, Lapis Plastik Dulu
Ganti kulit jok motor selalu jadi andalan pecinta modif. Model yang dipakai beragam, tergantung kebutuhan ubahan atau mengikuti tren yang sedang digandrungi. Namun kerap punya kendala. Karena banyak jahitan variasi, begitu terkena hujan mudah bocor.

  » 4 Juni 2012
Tips Kuat Nanjak, Pakai Rasio Gir Ringan
Semua motor standar sejatinya sudah diseting pabrikn mampu melibas segala macam trek. Mulai dari jalan mendatar, nanjak ataupun turunan.

  » 21 Mei 2012
Cek Throttle Position Sensor Suzuki New Shogun, Biar Tetap Ngacir!
Di karburator Suzuki New Shogun dibekali TPS. Tapi, bukan Tempat Pembuangan Sampah apalagi Tempat Pemungutan Suara. "TPS (Throttle Position Sensor). Berupa sakelar otomatis di ujung atas karburator. Bekerja saat sensor tersentuh skep," jelas J. Antony Tan, Dari divisi 2W Service Instructor, Indomobil Suzuki International.

  » 21 Mei 2012
Kampas Kopling Supra X Dipakai Harian dan Balap
Honda Supra X 100 sudah lama enggak diproduksi PT Astra Honda Motor. Tapi, kampas kopling atau clutch friction tetap banyak yang butuh. Kampas Supra X pun dipakai untuk motor harian dan balapan.

  » 14 Mei 2012
Modifikasi Shim Tappet, Kembalikan Celah Klep Suzuki Satria FU150
Setel klep Suzuki Satria F-150 memang beda. Karena mekanisme klepnya tidak pakai rocker arm, melainkan pakai tappet. Didukung shim atau pelat bundar seperti pil sebagi pengganjal kerenggangan klep saat diukur feeler gauge.

Search
Search:
Shopping Cart
shopping cart 0 item
Information
8 user sedang online
CS 1alatbengkel
CS 2cs.alatbengkel
Others

Cara Penggunaan Thread Repair System

News
4 Juni 2012
Redam Sambungan Jok Tembus Air, Lapis Plastik Dulu
Ganti kulit jok motor selalu jadi andalan pecinta modif. Model yang dipakai beragam, tergantung kebutuhan ubahan atau mengikuti tren yang sedang digandrungi. Namun kerap punya kendala. Karena banyak jahitan variasi, begitu terkena hujan mudah bocor. detail

4 Juni 2012
Tips Kuat Nanjak, Pakai Rasio Gir Ringan
Semua motor standar sejatinya sudah diseting pabrikn mampu melibas segala macam trek. Mulai dari jalan mendatar, nanjak ataupun turunan. detail

» index berita

 

Harap diperhatikan bahwa foto yang kami cantumkan belum tentu sama dengan barang nyatanya, untuk produk yang memiliki lebih dari satu ukuran, kami hanya menggunakan 1 foto dari salah satu ukuran, untuk ukuran lainnya mungkin terdapat sedikit perbedaan, namun secara garis besar sama. Mohon maaf atas kekurangnyamanan anda. Selamat Berbelanja.Selalu cek website kami untuk penambahan-penambahan produk dan informasi-informasi terbaru.
© 2008 www.alatbengkel.com