Follow us on Twitter
alatbengkel.com - Toko Online Peralatan Teknik Menjual Alat Bengkel Otomotif
Product Scroller
Testimonial
Wahyu Triono
Barangnya udah nyampe sesuai pesanan. Packing-nya mantap dan rapi. Terima kasih alatbengkel.com

Yatono
[URL]
Cepat sekali prosesnya, senin pesan n selasa siang sdh terima barang sesuai dgn pesanan.

NIZARUL AMRI
mantap x belanja dibengkel.com.urusan kita dibikin mudah. Tq (08521102XXXX)

Budi C Dirgantara
Tinggal pesan, transfer, dan tunggu! Gak perlu repot!! Saya puas belanja disini, trimakasih alatbengkel.com

» isi testimonial
» lihat testimonial
News

Substitusi Kampas Kopling Jupiter MX 135LC, Biar Setelan Tak Berubah

27 Februari 2012

Tips Mesin

Substitusi Kampas Kopling Jupiter MX 135LC, Biar Setelan Tak Berubah


Seperti dilakukan Bayu Satria di Yamaha Jupiter MX 135 miliknya yang aplikasi kopling manual. Doi substitusi kampas kopling bebek super ini pakai part dari varian merek lain. Yaitu, kampas kopling dari Honda GL-Pro. Tentu ada alasannya dong!

”Sebenarnya ganti kampas, karena setelan kopling kadang suka rapet atau molor sendirinya. Saran dari temen suruh coba pakai punya GL. Ternyata ampuh, gejala itu enggak balik lagi,” sebut pria yang bekerja di salah satu perusahaan pelumas asal Inggris ini.

Maklum, karena buat aktivitas hariannya, pria yang akrab disapa Ketchup ini andalkan MX 135 lansiran 2009 kesayangannya. Maka itu, doi ingin besutannya sempurna ketika dipakai tanpa ada kendala di jalan.

"Lumayan lah, dari Jatibening ke TB Simatupang. Jangan sampai sudah kena macet, tapi kopling enggak bisa diajak kerjasama,” tambah Ketchup yang memang berkulit gelap tapi berwajah manis ini. Soal harga, kampas GL ditebus Ketchup di harga Rp 125 ribu.

"Sekalian pakai yang orisinal punya. Biar lebih yakin,” alasannya. Sedang part penyalur power engine milik MX 135, ditawarkan Rp 84 ribu. Ditambah kampas kopling yang kecil, Rp 26 ribu. Oh ya! Tapi, sebelum bicara lebih jauh, ada yang sobat perlu ketahui lebih lanjut.


Ternyata, substitusi kampas kopling buat MX, tak hanya mengandalkan milik GL saja. ”Tergantung tahun pembuatan motor. Kalau MX yang awal-awal, bisa pakai kampas Honda Karisma. Tapi, kalau untuk tahun 2009 ke atas, ya pakai GL,” sebut Maman, salah satu mekanik dari MX Shop di Jl. Ciledug Raya, Ciledug, Tangerang.

Perbedaan ini bukan dari bahan kampas yang dipakai, lho. ”Kalau bahan sih sama saja. Perbedaan itu karena jumlah kaki kampas antara GL dan Karisma atau di mangkok kopling MX yang beda,” timpal Sugeng dari Cineng Motor di Ciledug, Tangerang.

Karena jumlah kaki atau dudukan kampas ke mangkok kopling beda, tentu kampas bisa enggak bisa terpasang. Selain itu, lebarnya juga sedikit beda. Oh ya! Kampas milik Karisma dijual Rp 150 ribuan di pasaran.

Lanjut! Nah, substitusi kampas di MX lansiran 2009 ke atas, musti pakai 5 lembar kampas milik Honda GL. ”Pakai 5 lembar. Tapi, kalau bisa ring tambahan yang orisinal MX ikut dilepas. Diisi kampas kopling semua,” saran Maman.

Sedang buat MX lansiran awal, pakai 6 kampas kopling milik Karisma. ”Iya. Pakai 6 lembar, kalau enggak kopling di mangkok jadi longgar,” tambah Maman.

Nah, itu baru dua tipe friction clucth yang diaplikasi. Sesuai judul diatas, masih ada satu lagi kampas kopling yang bisa disubstitusi ke MX 135 tahun 2009 keatas. ”Bisa juga pakai punya Kawasaki AR-125,” bilang Sugeng.

Sama seperti kampas yang lain, buat pakai kampas motor sport Kawasaki lansiran 80-an ini tak perlu ubah atau melakukan penyesuaian part. Jadi, memang tinggal pasang ke mangkok kopling.

Tetap pakai 5 lembar, menurut Sugeng hasil yang diberikan kampas substitusi ini tak kalah bagus dari GL. ”Sudah ada beberapa yang coba,” sebutnya.

Soal harga, kampas kopling AR-125, di pasaran dijual Rp 25 ribu per lembar. Jika pakai 5 lembar, itu artinya kudu rogoh kocek Rp 125 ribu. Wah, enggak beda dong dengan milik GL. Dipilih! (motorplus-online.com)



Baca juga
  » 4 Juni 2012
Redam Sambungan Jok Tembus Air, Lapis Plastik Dulu
Ganti kulit jok motor selalu jadi andalan pecinta modif. Model yang dipakai beragam, tergantung kebutuhan ubahan atau mengikuti tren yang sedang digandrungi. Namun kerap punya kendala. Karena banyak jahitan variasi, begitu terkena hujan mudah bocor.

  » 4 Juni 2012
Tips Kuat Nanjak, Pakai Rasio Gir Ringan
Semua motor standar sejatinya sudah diseting pabrikn mampu melibas segala macam trek. Mulai dari jalan mendatar, nanjak ataupun turunan.

  » 21 Mei 2012
Cek Throttle Position Sensor Suzuki New Shogun, Biar Tetap Ngacir!
Di karburator Suzuki New Shogun dibekali TPS. Tapi, bukan Tempat Pembuangan Sampah apalagi Tempat Pemungutan Suara. "TPS (Throttle Position Sensor). Berupa sakelar otomatis di ujung atas karburator. Bekerja saat sensor tersentuh skep," jelas J. Antony Tan, Dari divisi 2W Service Instructor, Indomobil Suzuki International.

  » 21 Mei 2012
Kampas Kopling Supra X Dipakai Harian dan Balap
Honda Supra X 100 sudah lama enggak diproduksi PT Astra Honda Motor. Tapi, kampas kopling atau clutch friction tetap banyak yang butuh. Kampas Supra X pun dipakai untuk motor harian dan balapan.

  » 14 Mei 2012
Modifikasi Shim Tappet, Kembalikan Celah Klep Suzuki Satria FU150
Setel klep Suzuki Satria F-150 memang beda. Karena mekanisme klepnya tidak pakai rocker arm, melainkan pakai tappet. Didukung shim atau pelat bundar seperti pil sebagi pengganjal kerenggangan klep saat diukur feeler gauge.

Search
Search:
Shopping Cart
shopping cart0 item
Information
7 user sedang online
CS 1alatbengkel
CS 2cs.alatbengkel
Others

Cara Penggunaan Thread Repair System

News
4 Juni 2012
Redam Sambungan Jok Tembus Air, Lapis Plastik Dulu
Ganti kulit jok motor selalu jadi andalan pecinta modif. Model yang dipakai beragam, tergantung kebutuhan ubahan atau mengikuti tren yang sedang digandrungi. Namun kerap punya kendala. Karena banyak jahitan variasi, begitu terkena hujan mudah bocor. detail

4 Juni 2012
Tips Kuat Nanjak, Pakai Rasio Gir Ringan
Semua motor standar sejatinya sudah diseting pabrikn mampu melibas segala macam trek. Mulai dari jalan mendatar, nanjak ataupun turunan. detail

» index berita

 

Harap diperhatikan bahwa foto yang kami cantumkan belum tentu sama dengan barang nyatanya, untuk produk yang memiliki lebih dari satu ukuran, kami hanya menggunakan 1 foto dari salah satu ukuran, untuk ukuran lainnya mungkin terdapat sedikit perbedaan, namun secara garis besar sama. Mohon maaf atas kekurangnyamanan anda. Selamat Berbelanja.Selalu cek website kami untuk penambahan-penambahan produk dan informasi-informasi terbaru.
© 2008 www.alatbengkel.com