Follow us on Twitter
alatbengkel.com - Toko Online Peralatan Teknik Menjual Alat Bengkel Otomotif
Product Scroller
Testimonial
Wahyu Triono
Barangnya udah nyampe sesuai pesanan. Packing-nya mantap dan rapi. Terima kasih alatbengkel.com

Yatono
[URL]
Cepat sekali prosesnya, senin pesan n selasa siang sdh terima barang sesuai dgn pesanan.

NIZARUL AMRI
mantap x belanja dibengkel.com.urusan kita dibikin mudah. Tq (08521102XXXX)

Budi C Dirgantara
Tinggal pesan, transfer, dan tunggu! Gak perlu repot!! Saya puas belanja disini, trimakasih alatbengkel.com

» isi testimonial
» lihat testimonial
News

Jika Kick Starter Honda BeAT Mogok Kerja

14 Maret 2012

Tips Mesin

Jika Kick Starter Honda BeAT Mogok Kerja


Belum tentu part yang jarang dipakai bakal mulus ketika dioperasikan. Seperti kick starter motor matic. Karena sering pakai elektrik starter, maka ketika menghidupkan engine lewat dislah, malah ogah balik ke posisi semula. Misalnya, di Honda BeAT.

Kondisi seperti ini, bisa disebabkan perangkat kick starter yang kotor oleh debu dan karat. “Selain itu, bisa juga karena spindle dan driven gear kick starter aus atau rontok. Penyebab aus karena kick starter terinjak atau terengkol pembonceng ketika mesin hidup. Akibatnya, terjadi persinggungan secara berlawanan di kedua gigi,” ungkap Ruswan, mekanik dari Honda Clara Motor di Jl. Raya Panjang No.5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Akibatnya, bagian ujung di driven gear terus bergesekan dengan starter rachet teeth yang letaknya di pully depan. Ini bisa diindikasikan lewat timbulnya bunyi tanpa henti dari kick starter ketika terinjak boncenger.

Kalau sudah seperti ini, kudu ganti satu set part gigi kick starter yang dibanderol sekitar Rp 100 ribu. Tapi, kalau problem yang dialami tak sampai kondisi parah, so tinggal lakukan perawatan saja.

Pertama yang harus dilakukan, buka baut kick starter (gbr. 1) dan cover CVT (gbr. 2). Selanjutnya bersihkan debu yang terdapat pada dinding perangkat ini pakai angin tekanan dari kompresor. Setelah itu, buang karat pada as di kick starter. Caranya buka sil yang menempel di cover CVT (gbr. 3). Lalu, semprotkan cairan anti karat ke spindle kick starter.

Langkah berikutnya, berikan gemuk atau grease secukupnya pada gear yang ada di spindle (gbr 4). “Jangan gunakan oli, karena tak tahan lama, sehingga pelumasan akan kurang maksimal. Selain itu, mengakibatkan debu yang berada di dalam CVT menempel pada part dan menyebabkan cepat macet, gunakan gemuk atau grease khusus untuk CVT,” saran mekanik kelahiran Garut, Jawa Barat itu.

Pemberian gemuk atau grease juga dilakukan pada as yang berada pada driven gear atau as belakang. Terutama pada bagian ini, sering timbul karat, agar geraknya tetap lancar pada saat dipakai, maka dibutuhkan pelumas.

“Sama halnya gear yang ada pada kick starter spindle. Tak boleh pakai oli, karena menyebabkan casing CVT jadi kotor,” tutup Mekanik ramah yang baru satu tahun menikah itu.

Hayuk dibersihkan.

RAWAT DI 8.000-10.000 KM

Lakukan perawatan secara teratur pada sistem starter, kedua hal tersebut bisa dilakukan secara bersamaan ketika pengecekan bagian seputar CVT.  “Perawatan itu sendiri sangat dianjurkan setiap 6 bulan sekali atau sekitar 8.000-10.000 km. Karena pada waktu itu, timbul debu dari V-belt dan air menempel pada gear spindle dan driven gear kick starter,” saran Ruswan.

Selain merawat spindel dan part kick starter yang sudah disebut di atas, tak ada salahnya juga periksa return spring. Part yang bertugas sebagai pegas pembalik kick starter ini dicek kebersihannya.

Tak tertinggal, friction spring. Part ini berfungsi sebagai penahan driven gear ketika bekerja. Part ini mencegah as driven gear tidak keluar jalur. "Dengan melakukan perawatan rutin, hal itu bisa mengurangi dampak buruk yang akan terjadi akibat kerusakan part. Jika pegas-pegas kotor, cukup dibersihkan kain bersih. Tapi, jika lemah, baiknya ganti," tambahnya lagi. (motorplus-online.com)



Baca juga
  » 4 Juni 2012
Redam Sambungan Jok Tembus Air, Lapis Plastik Dulu
Ganti kulit jok motor selalu jadi andalan pecinta modif. Model yang dipakai beragam, tergantung kebutuhan ubahan atau mengikuti tren yang sedang digandrungi. Namun kerap punya kendala. Karena banyak jahitan variasi, begitu terkena hujan mudah bocor.

  » 4 Juni 2012
Tips Kuat Nanjak, Pakai Rasio Gir Ringan
Semua motor standar sejatinya sudah diseting pabrikn mampu melibas segala macam trek. Mulai dari jalan mendatar, nanjak ataupun turunan.

  » 21 Mei 2012
Cek Throttle Position Sensor Suzuki New Shogun, Biar Tetap Ngacir!
Di karburator Suzuki New Shogun dibekali TPS. Tapi, bukan Tempat Pembuangan Sampah apalagi Tempat Pemungutan Suara. "TPS (Throttle Position Sensor). Berupa sakelar otomatis di ujung atas karburator. Bekerja saat sensor tersentuh skep," jelas J. Antony Tan, Dari divisi 2W Service Instructor, Indomobil Suzuki International.

  » 21 Mei 2012
Kampas Kopling Supra X Dipakai Harian dan Balap
Honda Supra X 100 sudah lama enggak diproduksi PT Astra Honda Motor. Tapi, kampas kopling atau clutch friction tetap banyak yang butuh. Kampas Supra X pun dipakai untuk motor harian dan balapan.

  » 14 Mei 2012
Modifikasi Shim Tappet, Kembalikan Celah Klep Suzuki Satria FU150
Setel klep Suzuki Satria F-150 memang beda. Karena mekanisme klepnya tidak pakai rocker arm, melainkan pakai tappet. Didukung shim atau pelat bundar seperti pil sebagi pengganjal kerenggangan klep saat diukur feeler gauge.

Search
Search:
Shopping Cart
shopping cart 0 item
Information
1 user sedang online
CS 1alatbengkel
CS 2cs.alatbengkel
Others

Cara Penggunaan Thread Repair System

News
4 Juni 2012
Redam Sambungan Jok Tembus Air, Lapis Plastik Dulu
Ganti kulit jok motor selalu jadi andalan pecinta modif. Model yang dipakai beragam, tergantung kebutuhan ubahan atau mengikuti tren yang sedang digandrungi. Namun kerap punya kendala. Karena banyak jahitan variasi, begitu terkena hujan mudah bocor. detail

4 Juni 2012
Tips Kuat Nanjak, Pakai Rasio Gir Ringan
Semua motor standar sejatinya sudah diseting pabrikn mampu melibas segala macam trek. Mulai dari jalan mendatar, nanjak ataupun turunan. detail

» index berita

 

Harap diperhatikan bahwa foto yang kami cantumkan belum tentu sama dengan barang nyatanya, untuk produk yang memiliki lebih dari satu ukuran, kami hanya menggunakan 1 foto dari salah satu ukuran, untuk ukuran lainnya mungkin terdapat sedikit perbedaan, namun secara garis besar sama. Mohon maaf atas kekurangnyamanan anda. Selamat Berbelanja.Selalu cek website kami untuk penambahan-penambahan produk dan informasi-informasi terbaru.
© 2008 www.alatbengkel.com